PANTAI SOWAN TERNYATA MENAWAN

18:00:00



Bicara soal pantai di Tuban, dulu saya sempat memandang sebelah mata. Ah, paling juga pantai berpasir hitam yang kotor, airnya cokelat, tak ada menarik-menariknya. Namun, dugaan saya itu salah setelah saya berkunjung ke Pantai Remen. Ternyata, pasirnya putih dan hutan cemaranya bikin pantai tampak indah. Nah, begitu ada perlu buat pemotretan, saya tak ragu memilih pantai lainnya di Tuban. Seorang kawan merekomendasikan Pantai Sowan.


Pantai Sowan agak jauh dari Kota Tuban, sekitar 40 kilometer atau satu jam perjalanan. Letaknya berada di perbatasan Kabupaten Tuban (Jatim) dan Kabupaten Rembang (Jateng). Tepatnya di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Tuban. Jangan mengira pantai ini ada di tepi jalan raya ya. Kalau sudah sampai Desa Bogorejo, yang kita temukan hanya papan nama Pantai Sowan. Kita tinggal mengikuti arah masuk ke hutan dengan beragam tanaman seperti mahoni, akasia, dan klampis. Iya, hutan. Itulah mengapa pantai ini berada di bawah pengelolaan Perhutani.

Pepohonan ini sungguh eksotis

Kabarnya saat musim hujan hutan ini hijau
Cuaca sore itu sangat bersahabat

Jalan yang membelah hutan ini kira-kira sepanjang 750 meter. Sebelum sampai tempat parkir kendaraan, mata saya terpikat oleh deretan pohon klampis yang saat itu berwarna kecokelatan. Musim kemarau menyulap pohon-pohon yang semula hijau ini menjadi cokelat dengan ranting-ranting tak berdaun. Jadilah ini spot pertama yang menurut saya menarik buat foto dan video. Kawasan dengan pohon-pohon yang eksotis ini cukup luas lho, bahkan sampai ke area parkir kendaraan.

Untuk turun ke pantai, kendaraan wajib diparkir dulu. Sepanjang jalan menuju pantai, pohon-pohon klampis berganti cemara udang yang memberi kesan asri dan rindang. Wah, ternyata Pantai Sowan sangat luas. Bibir pantai landai dan berpasir putih. Di ujung kiri terdapat bukit batu karang dengan pohon-pohon akasia di puncaknya. Sore itu, angin pantai mengajak saya duduk-duduk di bawah pohon cemara sambil menikmati panorama.

Menikmati asrinya hutan cemara

Bebas dari penjaja makanan -minuman

Duduk santai menikmati angin sore di tepi pantai

Yang membuat saya nyaman, pedagang makanan dan minuman telah diberi tempat khusus di dekat lahan parkir. Saya tak menemukan pedagang yang buka lapak sendiri di tepi pantai. Kebersihan dan keindahan pantai pantai pun terjaga. Ini agak berbeda dengan Pantai Remen yang hutan cemaranya serupa pasar dadakan karena dipenuhi penjaja makanan dan suvenir.

Waktu menunjukkan pukul 16.00. Wah, saya ingat belum salat Asar. Segera saya kembali ke tempat parkir dan memacu kendaraan ke musala di area selatan pantai. Di sini saya menemukan papan infromasi bahwa Pantai Sowan juga memiliki fasiltas yang lengkap. Ada musala, toilet, kedai seafood, toko suvenir khas Tuban, dan paket outbond. Wah, ini benar-benar cocok untuk acara keluarga atau kantor.

Suka pasir putihnya

Bersih dan indah

Bukit di belakang sana menambah keindahan

Untung saat itu sepi pengunjung

Jadi bebas jeprat-jepret deh

Keluar dari musala, matahari tampak sudah di ufuk barat. Bergegas saya mengikuti jalan setapak menuju bukit. Wah, dari sini tampak banyak perahu nelayan yang ditambatkan. Tampak pula beberapa bapak nelayan yang bercengkerama dengan rekan sejawatnya. Mereka beristirahat selepas melaut. Setelah meminta izin para nelayan itu, saya jeprat-jepret sunset di sekitar mereka.

 “Coba moto dari arah sana, Mas,”  tiba-tiba seorang bapak nelayan memberi saran, sambil menunjuk puncak bukit.

“Siap, Pak, terima kasih,” balas saya.

Matahari di ufuk barat

Ketik hari mengundang pulang

Ini salah satu spot favorit saya

Perahu-perahu nelayan di tepi pantai

Sore itu cerah

Nelayan pulang setelah melaut


Senja yang tenang

Para nelayan bercengkerama

Tenyata si bapak benar. Di puncak bukit ini terdapat pohon tinggi dengan reranting yang menjadi siluet senja. Syahdu. Tak hanya foto, lokasi ini pun saya pilih juga sebagai salah satu spot untuk bikin video. Hasilnya bisa dinikmati di video ini ya. Gegara bikin video ini, saya jadi ketagihan buat video lagi jika ada kesempatan traveling di lain tempat. Agak ribet sih, tapi kalau videonya sudah jadi, ada kepuasan dan kebanggaan tersendiri.



Pantai Sowan, di mata saya, ternyata menawan. Saya tak ragu merekomendasikan objek ini sebagai destinasi pilihan jika berkesempatan menge-explore keindahan alam Tuban. Saya bahkan mau ke sini lagi pada musim hujan untuk merasakan suasana yang berbeda. Kabarnya, hutan klampis jadi rimbun dan hijau. Rerumputan pun menambah asri pemandangan. Semoga ada kesempatan. (*)

You Might Also Like

6 comments

  1. Saya suka melihat foto2nya terutama yang ada matahari di ufuk baratnya.. sunset itu ya? Sunset apa sunrise sih? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, dulur. Itu sunset, hehehe. Kapan main ke sini?

      Delete
  2. Kalau setiap pantai tertata rapi, dimana para pedagang menempati area khusus, kecantikannya tak tercemari ya Mas. Keindahan objek bisa tampil sempurna dalam foto seperti foto-foto di pantai Sowan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbak Evi. Kita mau jeprat-jepret juga tak khawatir bocor. Hehehe.

      Delete

>