MENEROKA JEJAK CHENG HO DI KELENTENG SAM POO KONG

18:03:00




Setelah puas berkeliling Lawang Sewu, selanjutnya saya mengarahkan tujuan ke Sam Poo Kong. Kelenteng yang berdiri megah di kawasan Simongan ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi kalau kita sedang berada di Kota Semarang. Mau tahu mengapa? Selain menjadi tempat ibadah bagi kaum Tridharma, bangunan ini juga menyimpan banyak bukti sejarah sebagai petilasan seorang laksamana Tiongkok beragama Islam, Zheng He atau Cheng Ho. 


Jam menunjukkan angka 11.00. Langit Kota Semarang saat itu sedang terik menyengat. Namun, niat saya menjelajahi Sam Poo Kong sama sekali tak menyusut. Tiket seharga Rp 10 ribu sudah di tangan. Saatnya melihat dari dekat apa saja yang menarik di sini. Karena sendirian, saya tak punya teman diskusi memulai dari mana. Untung ada papan informasi yang berisi denah bangunan lengkap dengan informasi detailnya.

Berbekal informasi itulah, saya memotret bangunan demi bangunan yang ada. Objek yang menarik perhatian saya pertama kali adalah sebuah bangunan besar yang disebut joglo. Bangunan ini bukan tempat utama untuk beribadah. Sepertinya ini lebih dimanfaatkan sebagai tempat acara dengan banyak pengunjung. Meski demikian, arsitekturnya sama dengan bagian utama kelenteng, lengkap dengan hiasan patung, warna merah menyala, serta lampion-lampion cantiknya.

Cuaca siang itu cukup menyengat
Pengunjung dari beragam agama

Rasa dahaga menggiring saya mendekati deretan pertokoan. Tak disangka, di sini ternyata ada penyedia jasa persewaan kostum ala Tiongkok. Bukan hanya untuk perempuan, melainkan juga untuk pria dewasa dan anak-anak. Pasti seru kalau berfoto berlatar kelenteng dengan kostum warna-warni meriah ini. Ada juga jasa foto. Sayangnya, saat itu saya tak bersama keluarga. Ongkos sewanya sekitar Rp 70-100 ribu per baju. Itu belum termasuk foto. Lumayan mahal sih, tapi buat sekali seumur hidup, bolehlah.

Sambil membasahi tenggorokan, saya duduk-duduk di bawah pohon rindang di depan pertokoan. Kebetulan siang itu ada pertunjukan barongsai. Genderang alat musik yang ditabuh mengundang para pengunjung lain untuk berkerumun. Aksi para pemuda yang memainkan topeng singa dan naga ini pun sangat menghibur pengunjung yang membawa serta keluarga. Yang saya kagumi, mereka tampak kompak dan terlatih memainkan gerakan-gerakan akrobatik dengan prima. Padahal, sebagian dari mereka masih berumur belasan tahun.

Patung Laksamana Cheng Ho
Menjadi simbol toleransi dalam keberagaman
Pertunjukan barongsai yang menjadi magnet

Nah, selajutnya, saya ingin mendekat ke area ibadah yang dibatasi pagar setinggi dada. Karena ada beberapa pengunjung di dalam pagar, saya berusaha menemukan jalan masuknya hingga ke ujung pagar. Namun, sampai ujung pagar di dekat patung Laksamana Cheng Ho, tidak saya temukan jalan masuk. Ada pintu pagar, tapi terkunci rantai. Usut punya usut, ternyata untuk masuk kawasan ini pengunjung harus membeli tiket lagi seharga Rp 20 ribu di loket kecil dekat pagar. Melangkahlah kembali saya ke sana.

Bangunan-bangunan di area ibadah ini bernama Kelenteng Sam Poo Tay Djien, Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, dan Kelenteng Kiai Jangkar. Masing-masing kelenteng memiliki karakter yang serupa. Bedanya hanya pada ukuran. Kelenteng Sam Poo Tay Djien merupakan bangunan yang paling besar. Karena itulah, interiornya paling lengkap dibanding yang lain. Demi menghormati umat yang sedang beribadah di depan altar, saya menahan diri hanya melihat dari luar kelenteng. 

Kelenteng Sam Poo Tay Djien merupakan pusat dari seluruh kompleks pemujaan. Di dalam kelenteng ini terdapat gua lama yang masih dijaga kelestariannya. Di dalam gua ini terdapat sumber air yang konon tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau panjang. Umat yang bersembahyang umumnya mengambil air sumber itu. Mereka percaya bahwa air ini dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

Relief pelayaran Laksamana Cheng Ho
Kawasan ini dulu merupakan pantai
Terjadi akulturasi budaya Tiongkok dan Jawa

Jangan lewatkan satu bagian penting di belakang Kelenteng Sam Poo Tay Djien. Ada dinding panjang berhias relief yang menceritakan perjalanan Laksamana Cheng Ho selama berlayar, lalu mendarat di Semarang, hingga kembali melanjutkan perjalanan. Jadi, pada tahun 1416, Laksamana Cheng Ho dan rombongan mendarat di pesisir Semarang karena ada juru mudinya yang jatuh sakit. Dia meminta pasukannya mendirikan tempat salat di sebuah gua. 

Tempat itu dinamai Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar. Di dalam gua tersebut terdapat patung Sam Poo Tay Djien (Laksamana Cheng Ho) sebagai tempat bersembahyang atau berziarah. Meskipun Laksamana Cheng Ho beragama Islam, masyarakat yang percaya menggangapnya sebagai dewa. Sejak saat itulah, tempat salat itu berubah fungsi menjadi kelenteng. Bangunan ini kini berada di tengah kota karena proses pendangkalan laut sehingga laut secara alami bergeser ke arah utara.

Gerbang belakang
Deretan kelenteng pemujaan

Bukti lain bahwa di sini ada jejak keislaman adalah sebuah prasasti  beraksara Tionghoa yang berarti “Marilah kita mengheningkan cipta dan mendengarkan bacaan Alquran”. Selain menyebarkan ajaran Islam, Laksamana Cheng Ho juga mengajarkan cara bercocok tanama kepada masyarakat setempat. Ketika dia harus melanjutkan pelayaran, ada anak buah kapalnya yang tinggal dan menikah dengan perempuan setempat. Juru mudinya pun tak turut serta. Karena itulah, pengunjung bisa menemukan makam sang juru mudi di ujung area ibadah. 


Jika tidak beribadah, sebaiknya jangan mendekat ke altar
Kelenteng pemujaan utama
Seorang pengunjung sedang khusyuk bersembahyang
Setiap bagian bangunan penuh detail hiasan bermakna simbolis

Akhirnya, sampai juga saya di ujung area ibadah. Saya harus menuruni beberapa anak tangga. Di sini terdapat Kelenteng Kiai Jangkar, makam juru mudi, dan penginapan. Saya mempercepat langkah karena kompleks ini sangat teduh. Pepohonan nan rindang tumbuh subur di sana. Duduk di pelataran Kelenteng Kiai Jangkar sambil menikmati embusan angin benar-benar mengembalikan stamina saya. Seorang bapak tampak menyungging senyum saat melihat saya berada di dekatnya. Dia adalah warga setempat yang kebetulan berada di sana untuk bertugas.
 
Kami pun tenggelam dalam perbincangan seputar sejarah Sam Poo Kong. Yang membuat saya takjub, ternyata saya sedang berteduh di bawah pohon yang sangat langka. Baru kali ini saya melihat ada pohon seunik ini. Ranting-ranting pohon berdaun lebat ini tampak panjang menjuntai dan berbentuk sama persis dengan rantai. Beberapa teman yang pernah ke Sam Poo Kong mengaku tak sempat melihat pohon ini karena balik kanan setelah sampai di kelenteng utama.

Pohon rantai nan langka
Dulu jadi rantai darurat untuk kapal nelayan
Belum ditemukan pohon serupa di tempat lain
Area ini sangat teduh

“Ini namanya pohon rantai. Pada zaman dahulu, ranting yang mirip rantai ini dipakai sebagai pengganti rantai kapal pada saat darurat,” ujar bapak berambut putih itu. “Nah, kalau mau tahu, itu di dalam kelenteng ini juga ada jangkar lambang kapal yang dipakai Laksamana Cheng Ho. Karena itulah, tempat pemujaan ini disebut Kelenteng Kiai Jangkar,” sambungnya.

Berkunjung ke Sam Poo Kong merupakan pengalaman yang luar biasa bagi saya. Kelenteng ini bukan hanya objek wisata religi bagi pengunjung yang hendak beribadah. Pengunjung dengan berbagai keyakinan bisa mempelajari sejarah, menikmati keindahan arsitekturnya, serta membuka mata tentang toleransi dan akulturasi dalam keberagaman. Asal tahu saja, di kompleks kelenteng ini juga terdapat musala yang terjaga kebersihannya. (*)

You Might Also Like

37 comments

  1. Wah, salu dengan nuansa toleransi di Sam Poo Kong ini. Semoga banyak orang yang terinspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga salut. Indonesia ya begini seharusnya. Hidup toleransi!

      Delete
  2. itu bantang rantai pohonnya unik bener hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik dan langka. Saya baru ketemu pohon begini di sini.

      Delete
  3. Setelah saya membaca ulasan yang di tulis pak mas edy, saya menjadi tahu keadaan dan suasana di kelenteng Sam Poo Kong, selain itu juga sangat membantu karena mencantumkan biaya biaya yang dibutuhkan. Selain itu, ulasan ini sangat bagus karena dilengkapi gambar gambar yang diambil sendiri oleh penulis. Setelah membaca Dengan lengkap saya mengerti bahwa kelenteng ini adalah salah satu sejarah dari China. Saran saya, menggunakan tulisan uang sesuai dengan kata baku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak androoo ^^

      Delete
    2. Terima kasih, Andro. Ayo main ke sini juga kalau ke Semarang

      Delete
  4. Setelah saya membaca blog kelenteng Sam poo kong ini, saya menjadi mengetahui tentang kelenteng Sam poo kong. Kelenteng ini memiliki arsitektur lengkap dengan hiasan patung, warna merah menyala, serta lampion-lampion cantiknya. Selanjutnya, disana terdapat banyak tempat yang bisa dikunjungi dan tampilan yang dapat disaksikan oleh pengunjung. Dan uniknya dikelenteng Sam poo kong ini memiliki pohon yang langka yakni pohon rantai.

    ReplyDelete
  5. kelenteng sam poo kong adalah kelenteng yang terkenal sejak lama karena keunikan dan keindahannya. di dalamnya terdapat banyak keunikan arsitektur. banyak orang yang tidak mengerti bahwa di dalamnya terdapat sejarah yang perlu dipelajari. selain itu, pengungjung juga disuguhkan dengan penampilan topeng naga dan singa. seharusnya, kelenteng ini dijaga agar tidak punah kebudayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aliffia benar. Budaya ga boleh luntur biar bisa diwarisi anak cucu

      Delete
  6. Kelenteng Sam poo kong merupakan salah satu warisan sejarah yang ada di Indonesia tepatnya yang terletak di kota Semarang. Tempat ini sangat disarankan untuk para traveler apalagi yang ingin menambah wawasan tentang sejarah di Semarang. Ditambah keunikan yang terdapat di kelenteng ini yaitu pohon rantai yang digunakan sebagai rantai kapal pada saat darurat pada jaman dahulu. Saya menyarankan juga untuk para keluarga supaya mengajak putra putrinya untuk datang kemari untuk bermain sambil belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sam Poo Kong memang salah satu destinasi wajib di Semarang

      Delete
  7. kebetulan sekali saya sudah pernah berkunjung ke kelenteng ini. Memang banyak sekali nilai pendidikan yang dapat diambil, yakni toleransi antar umat beragamanya karena tidak sedikit dari pengunjungnya yang beragama islam. Banyak hal unik pada bangunan tempat agama kaum Tridharma beribadah ini menjadikan kelenteng Sam Poo Kong dijadikan destinasi wisata wajib di Semarang. Setelah membaca artikel ini, ternyata masih banyak hal unik yang saya lewatkan saat berkunjung kesana. Seperti pohon rantai dan dinding berhiaskan relief. Saran saya bagi yang berminat berkunjung, untuk menjelajahi kelenteng secara keseluruhan. Mendalami setiap nilai pendidikan yang ada di kelenteng dan menikmati keindahan arsitekturnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Widya juga sudah pernah ke sini. Mantaaap!

      Delete
  8. Setelah saya membaca tulisan ini, saya mendapatkan banyak informasi yang unik. Informasi unik yang saya maksud yakni adanya jejak keislaman dan pohon unik yang ranting berbentuk seperti rantai. Ada banyak gambar yang ditampilkan sehingga saya sebagai pembaca tidak bosan. Disetiap gambar juga ada keterangan sehingga pembaca tidak bingung bangunan mana yang dimaksud penulis. Sebaiknya untuk pembaca lainnya, terutama yang belum pernah berkunjung ke kelenteng Sam Poo Kong, harus membaca dengan seksama karena banyak dideskripsikan bagian bangunan bangunan dan melihat gambar yang sudah disajikan agar tidak bingung karena penulis banyak bercerita tentang isi bagian bangunan kelenteng Sam Poo Kong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Dinda. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

      Delete
  9. Woh iya pohonnya unik ya, belum pernah lihat yang seperti itu di tempat lain :D

    Cheers,
    Dee Rahma - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  10. menarik sekali, saya merasa tahu suasana dan keadaan disana seperti apa, layaknya kesana dua kali hanya dengan membaca artikel ini wkwkwk, saya pun tertarik untuk berkunjung kesana lagi, tetapi saya lebih tertarik dengan ranting yang menyerupai rantai di pohon tersebut, saya sudah pernah kesana namun belum melihat ranting di pohon tersebut, saya menjadi penasaran dan ingin berkunjung kesana lagi, salut buat artikelnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau ke sini lagi, jangan lewatkan pohon rantai, Dimas

      Delete
  11. Duh.. dulu waktu kuliah ga sempet maen kesini... padahal udah berencana beberapa kali...
    Ga ada foto prasasti yg mengheningkan cipta n baca Al-Qur'an mas? penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayangnya saya ga sempat motret prasasti itu, Mas Andi. Hehehe

      Delete
  12. Kota Semarang sekarang ini yang pernah aku baca dulunya memang perairan danau dan laut tua (purba).
    Karena evolusi makin lama perairan laut menyusut menjadi daratan.
    Dan kelenteng Sam Po Kong ini kini berada di jauh dari laut sekarang.

    Selain kagum dengan bangunannya,aku juga kagum sama pohon rantai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pohon rantainya memang unik ya Mas. Sepertinya ga ada di tempat lain

      Delete
  13. Dulu pertama kali ke Sam Po Kong saat hanya ada 1 bangunan kecil yang didepannya ada pohon itu, makanya langsung liat "rantai kapal"nya. Waktu ke dua kali ke sana, Sam Po Kong udah megah banget, seneng liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak bangunan megah, makin lengkap juga fasilitasnya

      Delete
  14. Pas aku kesini justru ga mampir ke bagian reliefnya. Menyesal deh. Laksmana Cheng Ho memang keren. Dia bisa menjembatani hubungan antara negara, agama, suku dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kehebatan Laksamana Cheng Ho yang kudu dicontoh para tokoh negara kita ya, Mas

      Delete
  15. Setiap kali berkunjung ke Wihara ini, saya lihat selalu ada perbedaan. Tentu saja ke arah yang lebih baik. Awal datang ke sini belum terdapat patung Cheng Ho, dihalaman masih banyak patung-patung yang dapat kita jadikan latar belakang foto. Sekarang tempatnya sudah berbeda sekali ya Mas. Mungkin karena tempat ini salah satu destinasi wisata wajib di Semarang, makanya mereka selalu berbenah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Evi. Selain tempat ibadah, Sam Poo Kong juga jadi jujugan wisatawan Semarang dari berbagai latar agama

      Delete
  16. Aku kayaknya liat pohon itu tapi nggak merhatiin sampai ranting-rantingnya. Dua kali ke Sam Poo Kong dan cuma sampai bagian gratisan, nggak masuk ke dalem komplek berbayar itu :D

    Aku pernah denger, kaum Konghucu memang memuja siapapun yang menurut mereka layak dipuja, despite apapun agamanya (pembaca yang lain, cmiiw ya). Dan kisah Laksamana Cheng Ho ini membuatku berpikir bahwa yang menyebarkan Islam pertama kali di nusantara bukanlah saudagar Timur Tengah, tapi pedagang Tiongkok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lihat ranting itu juga ga sengaja, Kak Nugie, hehehe

      Delete
  17. Waaahh, kemarin sempat ke sini waktu trip colongan sembari kerja. Cuma sebentar-sebentar saja, demi menikmati sunset di kota lama. Sayang saat jalan-jalan ke Semarang sendirian, jadi gak ada yang motretin gituh. Syedi~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, tetep ya pengen difotoin. Bawa tripod aja, Mas, hehehe

      Delete
  18. pas ke semarang, ke Sam Poo Kong cuma sejam jadi gak puas. ada banyak sudut yang belum dieksplor semua. huhuhuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan ke Sam Poo Kong lagi ya, Kak

      Delete