ACEH JUARA UMUM ANUGERAH PESONA INDONESIA 2022

23:07:00



Malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 telah terselenggara dengan megah dan meriah pada Jumat, 25 November 2022. Acara ini dihelat di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, dengan Provinsi Aceh sebagai tuan rumah.

Hadir para pemangku kebijakan sektor pariwisata dari seluruh Indonesia, di antaranya gubernur, walikota, bupati, kepala dinas pariwisata kabupaten/kota, serta pengelola destinasi wisata. Tampak juga di deretan tamu dari Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Pada penyelenggaraan API yang ketujuh ini, terdapat 134 kabupaten/kota serta 34 provinsi yang terlibat dalam menampilkan pariwisata terbaiknya sebagai nominasi. Tercatat sebanyak 483.548 vote yang masuk, sekitar 20% berasal dari audiens di luar negeri.

“Tahun ini bertambah banyak kabupaten/kota baru yang mulai bergeliat dan menunjukkan kiprah dan prestasinya di ajang Anugerah Pesona Indonesia, seperti Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Aceh Timur, Kota Subulussalam, dan masih banyak lagi yang meraih penghargaan pada penyelenggaraan tahun ini,” terang Chairman of Anugerah Pesona Indonesia Hiro Kristianto Sianturi.

Menurut dia, ini sesuatu yang menggembirakan karena menjadi bukti bahwa dalam perjalanan pelaksanaannya sejak dimulai pada tahun 2016 Anugerah Pesona Indonesia sudah menjadi bagian dari promosi destinasi dan produk pariwisata di Indonesia. Selain itu, ajang ini juga memberikan edukasi kepada para penggerak pariwisata di daerah dalam mengajak berbagai pihak untuk berperan serta aktif dalam meningkatkan kepedulian terhadap pariwisata di daerah, serta bagaimana cara untuk mempromosikannya dengan massif dan efektif.

Pada API 2022, terdapat 18 kategori. Di setiap kategori terdapat tiga pemenang. Selain itu, ada dua trofi lagi untuk juara favorit dan juara umum. Juara favorit diraih oleh Pesona Pesisir Timur Aceh, Kota Langsa. Sedangkan gelar juara umum direbut oleh Provinsi Aceh. Dengan demikian, Aceh menjadi juara umum dua tahun berturut-turut. (*)

 

You Might Also Like

0 comments