3 Ikon Kota Surabaya yang Wajib Dikunjungi

16:56:00

 

Sumber: https://properti.kompas.com/read/2018/10/27/130336021/sejarah-jembatan-suramadu-dari-soekarno-hingga-jokowi?page=all


Surabaya merupakan salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini karena sisi historis Surabaya yang tak kalah dari kota besar lain seperti Jakarta dan Yogyakarta, juga kultur Jawa Timuran-nya yang sangat khas. Surabaya juga cocok menjadi destinasi wisata sebab ada banyak sekali ikon kotanya yang menarik untuk dikunjungi. Ingin berkunjung ke Surabaya tetapi bingung akan tinggal di mana? Tak perlu khawatir, ada banyak hotel murah di Surabaya yang bisa jadi pilihan. 


Bagi kamu yang berencana berlibur ke Surabaya, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi ikon-ikon Kota Surabaya berikut ini, ya.

 

     Jembatan Suramadu

Sumber: https://pojoksuramadu.com/viral-di-medsos-jembatan-suramadu-ditutup-ini-faktanya/


Melintasi jembatan terpanjang di Indonesia tentunya akan jadi momen tak terlupakan. Hal ini bisa kamu wujudkan dengan mengunjungi ikon Kota Surabaya yang cukup terkenal, yakni Jembatan Suramadu. Diresmikan oleh Presiden ke 6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 silam, jembatan penghubung antara wilayah Surabaya dan Madura ini memiliki panjang mencapai 5.438 meter serta lebar sekitar 30 meter. 

Desainnya begitu megah, dengan birunya langit membuat Jembatan Suramadu tak hanya berfungsi menghubungkan dua wilayah saja melainkan juga sebagai ikon yang megah. Apalagi bila kamu melewatinya di malam hari, gemerlap sinar lampu yang menghiasi jembatan ini membuatnya semakin nampak megah dan estetik.

 

     Masjid Cheng Hoo

Sumber: https://www.idntimes.com/travel/journal/asrul-pauzi-hasibuan/5-hal-menarik-tentang-masjid-cheng-hoo-surabaya-c1c2

Terletak di Jl. Gading No.2, Ketabang, Genteng, tempat ibadah umat muslim yang satu ini cukup berbeda dengan masjid lainnya secara visual. Desain bangunan masjid ini justru menyerupai kelenteng yang merupakan tempat ibadah bagi orang Tionghoa. Hal ini dikarenakan pembangunan masjid ini memiliki tujuan mengenang jasa Laksamana Cheng Hoo, seorang muslim dari China yang turut berperan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. 

Ukuran Masjid Cheng Hoo tidak terlampau besar, hanya mampu menampung kurang lebih 200 orang saja. Namun, masjid ini tak pernah sepi pengunjung, sebab arsitektur bangunannya yang unik selalu berhasil membuat wisatawan untuk memasukkan Masjid Cheng Hoo dalam daftar tempat yang dikunjungi ketika di Surabaya.

 

     Monumen Kapal Selam

Sumber: https://travelspromo.com/htm-wisata/monumen-kapal-selam-surabaya/

Berkunjung ke Kota Pahlawan tentu tidak lengkap bila tidak mampir ke tempat yang ada kaitannya dengan sejarah perjuangan pahlawan di kota ini. Salah satunya adalah Monumen Kapal Selam yang terletak di Jalan Pemuda. Berada di pusat kota Surabaya, monumen ini nampak mencuri perhatian karena merupakan kapal selam otentik yang pernah digunakan dalam masa peperangan dahulu. Dulunya, kapal selam ini adalah salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1952. 

Dengan nama KRI Pasopati 410, kapal ini menjadi andalan ketika perang pembebasan Irian barat dari cengkraman Belanda. Kapal ini kemudian dipensiunkan setelah tahun 1990 dan dialihfungsikan menjadi museum. Kini, kamu bisa menikmati pengalaman masuk ke dalam kapal selam dan melihat 7 ruangan kapal, termasuk pula ruang luncur torpedo. Seru sekali, bukan?

 

Tertarik untuk mengunjungi Surabaya? Yuk pesan terlebih dahulu tiket transportasi juga booking hotel murah di Surabaya via Traveloka agar liburanmu di Surabaya jadi lebih nyaman. Mengapa harus menggunakan Traveloka? Sebab, pesan apapun di Traveloka akan memberikanmu pengalaman yang mudah, praktis, juga aman. Traveloka juga memiliki beragam fitur yang memudahkan pembayaran seperti misalnya PayLater, serta berbagai promo menarik yang membuatmu bisa semakin menghemat budget.


 

You Might Also Like

0 comments

>