TRAVELING HEMAT? STAY DI IBIS BUDGET SEMARANG

11:04:00



Sudah lama saya dan keluarga merencanakan Semarang sebagai destinasi traveling, tapi selalu batal. Ada saja halangan penggagal rencana. Padahal, Kota Lumpia ini tak terlalu jauh dari Bojonegoro, tempat saya tinggal. Weekend lalu, pas tak ada kesibukan lain, tanpa ragu saya beli tiket kereta api dadakan ke ibukota Jawa Tengah ini. Untung masih tersisa beberapa kursi petang itu. 

Supaya hemat, kami sengaja memilih kereta api ekonomi. Meski murah, kereta api sekarang nyaman kok. Hotelnya pun kami pilih yang tarifnya bersahabat karena kami kan menginap dua malam, Jumat hingga Minggu. Pilihan kami jatuh pada Ibis Budget Semarang. Hotel yang berlokasi di Jalan Kap. Pierre Tendean 21, Semarang, ini sangat dekat dengan Stasiun Tawang, hanya sekitar 15 menit. 

Lobby dan internet corner
Banyak kursi di lobby

Semua staf ramah dan informatif
Sampai hotel, bawaannya pengen istirahat


Rupanya, hotel ini memang strategis. Dari Bandara Ahmad Yani Semarang, kita juga hanya butuh waktu 15 menit. Yang tak kalah seru, saya tak butuh waktu lama untuk sampai di objek-objek wisata pilihan saya. Lawang Sewu, Tugu Muda, Kelenteng Sam Poo Kong, Simpang Lima, dan Kota Tua Semarang, semua hanya butuh waktu 5-15 menit. Kalau pakai kendaran online, kita cukup merogoh kocek Rp 7-15 ribu. 

Meski berkonsep hemat, pelayanan Ibis Budget Semarang tetaplah berstandar tinggi. Saya terkesan dengan keramahan dan kesigapan semua staf yang membantu kami selama menginap. Proses check in, misalnya, berlangsung sangat cepat sehingga kami segera bisa beristirahat setelah sekitar tiga jam berada di atas kereta api. Demikian juga staf di lobby, restoran, dan room service

Bunk bed room
Bisa untuk keluarga atau geng traveling

Baru di hotel ini, kami mencoba bunk bedroom. Unik ternyata kamar tipe ini. Di atas single bed, terdapat sebuah extra bed lengkap dengan lampu baca dan selimut. Hisyam, anak saya, yang memang suka manjat tampak senang naik dan tidur di ranjang atas. Selain untuk keluarga, bunk bed juga sangat cocok buat para traveler yang ngebolang beramai-ramai. 

Ibis Budget Semarang menyediakan 20 bunk bedroom, 60 single bedroom, dan 80 twin bedroom. Dari delapan lantai yang ada, di semua lantai terdapat ketiga tipe kamar tersebut. Yang juga unik, bathroom dan toilet semua tipe kamar terpisah. Jadi, kita tak perlu antre kalau ingin melaksanakan “ritual pagi” sementara ada orang di kamar mandi.

Ranjang atas untuk anak di atas 6 tahun
Single bed room
Twin bed room
Bathroom, terpisah dari toilet
Selama di Semarang, kami berada di hotel hanya pada malam hingga pagi hari.  Itu artinya kami hanya sempat makan pagi di hotel. Kebetulan memang Ibis Budget Semarang menyediakan breakfast saja di restorannya. Meski tak terlalu luas, restoran ini memiliki area indoor dan outdoor. Tak hanya meja panjang, ada juga beberapa set sofa dan meja-kursi kecil. 

Restoran berdesain minimalis nan dinamis ini menyajikan menu breakfast lengkap untuk bekal energi kita beraktivitas. Selama dua hari di sini, menu yang kami nikmati antara lain nasi goreng, beragam sayuran, ayam goreng kecap, ikan goreng tepung, dan telur. Ada juga sereal dan roti bakar. Yang tak kalah menarik, ada Indonesia Corner dengan menu khas nusantara yang sayang jika tak dicoba seperti gudeg dan tahu brongkos. 

Ngopi pagi di restoran
Menu breakfast lengkap
Ada lima meeting room
Meeting room berkapasitas 20-60 tamu
Resto outdoor
Kalau ingin meeting atau menggelar event di Ibis Budget Semarang, jangan khawatir. Tersedia lima meeting room, yaitu Nakula, Sadewa, Bima, Arjuna, dan Yudistira. Semua nama Pandawa Lima ya. Ruang pertemuan ini berkapasitas 20-60 tamu. Semua ruang telah dilengkapi peralatan audio visual. Beberapa ruangan di hotel ini juga biasa disewa untuk kantor. Maklum, hotel ini berada di distrik bisnis Kota Semarang. 

Sebelum check out, kami menyempatkan diri berkunjung ke galeri seni di depan resepsionis. Tak seperti sudut oleh-oleh di hotel lain yang biasanya kecil, galeri seni ini cukup luas. Terdapat kain batik, aksesoris, wayang, topeng, ukiran kayu, dan suvenir khas Jawa Tengah lainnya. Semua pas banget untuk dijadikan buah tangan dari Semarang. 

Kerajinan kayu nan lucu di galeri
Bisa jadi suvenir khas Semarang
Banyak ragam, banyak pilihan

Setelah memilih beberapa suvenir, kami berajak ke lobby dan menunggu kendaraan online yang kami pesan. Hisyam dan bundanya duduk-duduk di kursinya yang nyaman. Sedangkan saya memanfaatkan internet corner untuk mengecek beberapa email karena handphone saya dipakai Hisyam untuk bermain game. Rupanya dia tengah memanfaatkan kencangnya wifi hotel ini. (*)




Ibis Budget Semarang
Jl Kap Pierre Tendean 21, Semarang

You Might Also Like

17 comments

  1. Next time ke Semarang, nginepnya di rumah saya ya Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap! Saya bawa keluarga segambreng lho hahahah

      Delete
  2. Komplit ya. Efisien tapi nyaman. Saya sama kayak Hisyam, suka manjat. Dan kepengen nginep di bunkbed deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, cocok tuh Mas, apalagi ranjang atas simetris sama TV hehehe

      Delete
  3. Ibis Budget emang jawaban bgt untuk traveler dengan budget ga banyak

    ReplyDelete
  4. Lumayan ya jadi bisa nyisihin duit buat beli oleh-oleh. Kelihatan nyaman banget kamarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Kak, lucu-lucu oleh-olehnya. Kamarnya pun nyaman

      Delete
  5. Yang aku suka dari Ibis Budget itu, meskipun murah, tapi desain interiornya cakep-cakep! Jadinya tetep instagrammable gitu :D

    itu 15 menit jalan kaki apa berkendara, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik kendaraan, Kak, hehehe.

      Iya, desain interiornya memang cakep

      Delete
  6. Hiaaa udah di semarang aja mas. Aku baru ke ibis surabaya minggu lalu...

    Keknya seru ni yang di semarang... Ada resto outdoor yang begitu... Sekalian bs ngerokok. Eh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibis memang di mana-mana keren ya Mas. Monggo ke sini kalau traveling ke Semarang

      Delete
  7. Wah udah lama ga ke semarang.. boleh nih jadi referensi tempat nginep kalo ke Semarang lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mas, ini recommended untuk yang mau hemat

      Delete
  8. Biasanya aku kalo jalan-jalan pasti milih hotel yang deket sama destinasi wisata kota itu.

    Sepertinya bisa dipertimbangkan nginep di Ibis Budget Semarang biar gampang eksplor tempat wisata populer di Semarang :)

    ReplyDelete

>