IBIS SURABAYA CITY CENTER NAN STRATEGIS

23:51:00



Entah mengapa, tiba-tiba Hisyam pengen banget naik kereta api. Sebagai ayah yang baik, saya pun mencarikan waktu yang tepat. Minggu lalu, kebetulan ada acara keluarga di Surabaya. Karena tidak mau merepotkan keluarga di Surabaya, kami memilih hotel untuk menginap. Setelah cari-cari info di Google, akhirnya kami menemukan hotel yang tepat, Ibis Surabaya City Center. Ternyata, pilihan kami tak salah. 

Dari Stasiun KA Pasar Turi, kami hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai di Ibis Surabaya City Center. Hotel yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Nomor 94-96 ini memang sangat strategis karena dekat dengan fasilitas umum lainnya. Hanya 5 menit dari Tunjungan Plaza (mall terbesar di Surabaya), 15 menit dari Tugu Pahlawan, 20 menit dari Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), dan 45 menit dari Bandara Juanda. Dengan catatan jalanan sedang tidak macet ya.

Berlokasi di jantung Kota Surabaya nan strategis (foto koleksi Ibis Surabaya City Center)
 
Senyum dan sapaan ramah staf front desk menyambut kami. Proses check in tak membutuhkan waktu lama. Namun, saya sengaja duduk-duduk di lobby sambil mengaktifkan wifi hotel untuk tiga gadget kami. Senangnya Hisyam, akses wifi hotel ini sangat kencang sehingga hobinya main game online dan nonton Youtube pun terlaksana dengan lancar. Soal jaringan wifi, tentu saja ini menjadi keharusan di hotel yang memang punya segmen bisnis ini. Pekerjaan dan lifestyle saat ini tak lepas dari dukungan internet.

Mengusung konsep minimalis nan dinamis, Ibis Surabaya City Center menghadirkan ruang-ruang bernuansa cozy. Lobby, misalnya, begitu nyaman untuk menunggu atau berbincang-bincang santai. Terdapat dua set sofa besar dan tiga set sofa kecil dengan warna-warna pastel. Para tamu pun leluasa beristirahat sejenak di sana. Saya sampai dua kali mengingatkan Hisyam untuk tidak tidur di sofa. Saking nyamannya kali ya.

Pelayanan yang cepat, ramah, dan informatif
Ada garansi 15 menit untuk semua pelayanan
Lobby yang cozy
Internet corner yang nyaman (foto koleksi Ibis Surabaya City Center)
Penataan internet corner di bawah tangga juga mengundang rasa nyaman. Terdapat sebuah sofa dengan bantal-bantal santai di antara dua komputer yang tersedia. Hisyam dan bundanya sempat mencoba memanfaatkan fasilitas komputer ini. Saya jadi tak keberatan menunggu karena bisa duduk di antara mereka. Oya, kalau mau berfoto, ada beberapa photo booth yang bisa dipilih. Bisa jadi bahan buat post di medsos kan.

Ibis Surabaya City Center punya 224 kamar dengan tipe yang sama. Bedanya hanya soal bed, single dan twin. Kamar yang tidak terlalu luas, bagi saya, justru praktis karena semua jadi terasa lebih cepat untuk dilakukan. Apalagi, semua yang saya butuhkan saat stay di hotel sudah ada dalam kamar mulai self controlled AC, safety box, wardrobe, sofa, meja kerja, televisi dengan beragam channel, telepon, coffee and tea making facilities, hingga full bathroom amenities.


Dapat kejutan welcome card!
Single bed room
Twin bed room (foto koleksi Ibis Surabaya City Center)
Bathroom yang praktis
Kamar Ibis Surabaya City Center memang didesain untuk memberi pengalaman tidur yang berkualitas bagi para tamu. Di antaranya, kasur hotel ini menggunakan lapisan khusus sehingga terasa lebih empuk. Selain itu, tersedia dua guling dan satu buah extra pillow. “Tumben nih di kamar hotel ada guling dan tambahan bantal begini. Seneng tuh Hisyam karena dia biasanya susah tidur kalau ga pakai guling. Rasanya istirahat kita di sini serasa di rumah ya, Bi,” ujar istri saya. 

Ada lagi yang spesial di hotel yang akan merayakan ulang tahun keempat pada Januari 2018 ini. Desain interior hotel ini ramah bagi penyandang disabilitas. Saya perhatikan, di samping level lantai di teras, lobby, dan depan restoran, terdapat jalan khusus untuk mereka yang berkursi roda. Bukan hanya itu. Tersedia juga kamar untuk mereka. Bedanya dengan kamar lain, ukuran kamar ini lebih luas, termasuk kamar mandinya. 


Taste Restaurant
Bar dengan beragam pilihan minuman (foto koleksi Ibis Surabaya City Center)

Ibis Surabaya City Center juga memiliki beberapa meeting room. Uniknya, nama-namanya adalah nama-nama gunung di Jawa Timur, yaitu Semeru, Bromo, dan Arjuno. Masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda. Semeru berkapasitas 200 tamu, Bromo 100 tamu, sedangkan Arjuno lebih private, hanya sekitar 20 tamu. Sesuai permintaan klien, ruang Semeru dan Bromo bisa disekat menjadi dua dengan pembatas kedap suara. Saat saya menginap di sini, semua meeting room terpakai untuk beberapa event. Khusus untuk wedding party, restoran hotel bisa disulap menjadi venue yang mampu menampung banyak tamu. 

Fasilitas lain hotel ini antara lain car rental and shuttle, laundry, spa, wedding package, dan romantic dinner package dengan harga per couple. Khusus Kamis dan Jumat malam, di teras hotel digelar barbeque all you can eat. Seru tuh, bisa nonton bareng bola juga karena ada big screen di sana. Yang bikin saya kagum, hotel ini berkomitmen memberikan pelayanan dan mengatasi keluhan tamu dengan garansi 15 menit. Jadi, layanan breakfast, kamar, serta makanan dan minuman di bar dijamin beres sebelum 15 menit. Soal menu di restoran, jangan ditanya lagi. Banyak pilihan menu western dan lokal yang mengundang selera. Namun, saya akan mengulasnya di post berikutnya. 

Semeru Meeting Room (foto koleksi Ibis Surabaya City Center)
Bromo Meeting Room
Mural lucu depan depan meeting room
Satu lagi kelebihan Ibis Surabaya City Center yang jarang saya temui di hotel lain. Persis di samping hotel terdapat Indomaret. Kebayang kan bagaimana repotnya kalau kita butuh keperluan yang lupa kita bawa dari rumah jika tidak ada swalayan seperti itu di dekat hotel. Tamu yang suka baca pasti senang menginap di sini karena hanya dengan menyeberang jalan, kita bisa belanja buku di Gramedia. Dan, bagi tamu yang suka wisata kuliner ala Surabaya, Anda tinggal jalan kaki ke belakang hotel. Mulai sore hingga malam, pujasera di sana buka dengan beberapa stand menu lokal seperti pecel, rawon, lontong balap, atau lontong kupang. (*)

You Might Also Like

30 comments

  1. ah senangnya, akhirnya baca reviewnya setelah beberapa kali liat postingan instagrammu yang ciamik Mas Edy. Nyaman sekali tampaknya. Definetely bakal jadi pertimbangan nanti kalau cari tempat nginep pas ke Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiii, Mas Arif. Beneran deh hotel ini recommended. Semoga segera ada kesempatan ke Surabaya :)

      Delete
  2. Hotelnya asik ya, apalagi ada akses khusus untuk difabel. Jarang2 ada hotel yg punya perhatian khusus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah mengapa saya salut, Pak. Ibu saya pakai kursi roda ke mana-mana. Saya jadi tau rasanya keluarga yg bepergian bersama penyandang difabel.

      Delete
  3. waaah asik banget..semoga bisa sering-sering liburan sekeluarga ya Mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya rabbal alamin. Pengen ke Semarang nih Mas hehe

      Delete
  4. solusi cerdas buat yang lagi nyari hotel di daerah surabaya... mantap pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok ya buat Pak Lukman yang sering ke Surabaya.

      Delete
  5. Waaah kece banget hotelnya. Lokasinya juga berarti deket ke stasiun yaaah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Kak, naik Uber cuma 15 menit. Hehe

      Delete
  6. hmmm.. bisa jadi pilihan kalau main2 ke Surabaya.. hampir mirip ya tipenya kayak Ibis di Jakarta juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas, sama konsepnya dengan Ibis lainnya. Bisa banget dipilih kalo ke Surabaya.

      Delete
  7. Oyaa.. ada jalur dan fasilitas khusus disabilitas? Keren!

    ReplyDelete
  8. aaihihi. ibis ijo dan biru udah aku cobain, tapi ibis merah belum nih. huhuhu. aku penasaran sama ibis yang merah.

    ReplyDelete
  9. Hotelnya bagus mas... Kapan kapan kalau ke surabaya mampir kesini hehe makasih mas edy infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. Recommended deh pokoknya hotel ini.

      Delete
  10. Ibis itu basic tapi lengkap, ya. Desainnya jg bikin nyaman banget buat istirahat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, lengkap dan nyaman ya, Kak. Setuju!

      Delete
  11. adem.... staycation ama keluarga emang nyaman ya mas... tapi kalau sendirian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadiii, buruan deh Mas nikah kalo sdh punya calon istri. Semoga segera yaa.

      Delete
  12. Aku suka banget internet corner-nya. Entah kenapa, aku selalu suka dengan ruang-ruang minimalis yang dirancang dengan apik, seperti internet corner di bawah tangga itu.

    Jaminan 15 menit itu jawaban untuk generasi intan saat ini hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama Kak, ruang-ruang itu tampak menarik dan memang fungsional. Suasananya nyaman.

      Generasi instan memang punya semboyan GPL hahaha

      Delete
  13. apik apik apikk.... wkwkwk... baru inyimak ini hotel IBISnya. hem... Mas... kayaknya nanti bakalan kujapri2 deh di wa. hehehe

    ReplyDelete
  14. Asik banget ya Mas hotelnya, nanti kalau ke Surabaya pengen nginep sini soale lokasinya strategis banget. suka juga ama designnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deket banget ke mana-mana itu point penting ya, Ko. Ditunggu sharingnya kalau jadi nginep di sini.

      Delete
  15. Cocok nih buat nginep abis shopping di TP

    ReplyDelete
  16. Strategis ya lokasi hotelnya. Eh ini ada kolam renang nya juga kan ya? Jadi inget biasanya kalau keluarga bawa anak, kan kolam renang bs jadi salah satu hiburan yg seru bareng keluarga :)

    Semoga next bisa ikut nyobain Staycation di ibis :)

    ReplyDelete

>