Wednesday, 25 May 2016

AIR TERJUN SINGOKROMO, TEMPAT HARIMAU BERKEMBANG BIAK



Percaya atau tidak, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk, ternyata memiliki sebelas air terjun. Sekali lagi, semua berada di satu desa, bukan satu kota. Sedudo merupakan air terjun yang paling populer. Sepuluh air terjun lainnya masih bisa dibilang alami karena belum tersentuh pembangunan fasilitas tambahan layaknya objek wisata. Terang saja saya geleng-geleng kagum mendengar keterangan warga yang saya temui di Air Terjun Gedangan itu. Dengan mudah, saya percaya karena Desa Ngliman memang berada di lereng Gunung Wilis yang dilimpahi banyak sumber air alami.  

Friday, 20 May 2016

AIR TERJUN GEDANGAN, POTENSI YANG BELUM DIKOMERSIALISASIKAN



Salah satu yang seru saat traveling adalah menemukan objek baru yang sama sekali tidak direncanakan sebelumnya. Makin seru lagi jika objek tersebut ternyata menarik dan masih “perawan”. Itulah yang saya alami saat berkunjung ke Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Maksud hati hanya mendatangi Bukit Watu Lawang dan Air Terjun Sedudo, tetapi ternyata ada tiga air terjun lain yang masih alami, yaitu Air Terjun Gedangan, Singokromo, dan Putri Wilis. Kali ini saya mengulas Air Terjun Gedangan. 

Saturday, 14 May 2016

MENYAMBANGI AIR TERJUN SEDUDO SETELAH MUSIBAH



Turun dari Bukit Watu Lawang, saya tancap gas menuju Air Terjun Sedudo. Saya belum pernah mengunjungi objek wisata yang sebenarnya sudah sangat populer di Nganjuk dan sekitarnya ini. Karena itu, saya tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Tiket seharga Rp 10 ribu sudah di tangan, lokasinya pun tak jauh dari Bukit Watu Lawang. Saya juga penasaran seperti apa kondisi Sedudo kini setelah ditutup beberapa bulan lantaran pernah terjadi musibah tebing longsor hingga merenggut tiga nyawa pengunjung.

Saturday, 7 May 2016

BUKIT WATU LAWANG: SEKALI DAKI, EMPAT AIR TERJUN TERSAJI




Kesan saya tentang Nganjuk selama ini ternyata salah besar. Beberapa kali mendatangi kota dan sejumlah kecamatan, kesan saya, kota berjuluk Kota Angin itu bercuaca panas. Ternyata, ada satu kecamatan di sana yang berudara sejuk. Namanya Kecamatan Sawahan. Berada di lereng Gunung Wilis, Kecamatan Sawahan memiliki sejumlah destinasi wisata alam seperti bukit, air terjun, dan persawahan. Kamis, 5 Mei lalu, saya menghabiskan waktu seharian untuk mendatangi lima objek menarik di sana. Kali ini, saya akan mengulas Bukit Watu Lawang.