Wednesday, 30 December 2015

2015: LANGKAH KEDUA UNTUK SEBUAH PERJALANAN (2)



Di penghujung 2015, saya mengulas kembali sejumlah destinasi yang saya kunjungi sepanjang tahun ini. Harapan saya, pengalaman saya bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengunjunginya juga. Tulisan ini adalah bagian kedua rekap 2015 saya, berisi 22 destinasi di Bali, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Batu, Malang, Mojokerto, dan Magetan. Bagian pertama telah saya publish minggu lalu.

Wednesday, 23 December 2015

2015: LANGKAH KEDUA UNTUK SEBUAH PERJALANAN (1)



2015 merupakan tahun kedua saya menekuni ketertarikan akan fotografi dan traveling, kemudian mendokumentasikannya melalui blog ini. Alhamdulillah, sepanjang 2015, Allah menganugerahkan kesempatan untuk saya melangkah lebih jauh, melihat lebih banyak, dan mendengar lebih luas tentang alam dan isinya ini. 

Di penghujung 2015, saya ingin mengulas kembali sejumlah destinasi yang saya kunjungi sepanjang tahun ini. Harapan saya, pengalaman saya bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengunjunginya juga. Tulisan ini adalah bagian pertama rekap 2015 saya, berisi 21  destinasi yang saya datangi di Gresik dan Yogyakarta. Bagian kedua akan saya publish minggu depan. 

Tuesday, 15 December 2015

PESONA COBAN PELANGI TANPA PELANGI




Musim hujan datang lagi. Ada yang menganggap ini bukan waktu yang tepat untuk liburan karena hujan bisa datang kapan saja. Itu pula yang saya alami saat mengunjungi Coban Pelangi di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Hujan menjadi teman perjalanan sejak berangkat hingga pulang. Namun, mungkin karena niat dan tekad sudah bulat, saya sama sekali tak ingin mengurungkan rencana.

Tuesday, 8 December 2015

MENENGOK SISA-SISA KEJAYAAN GIRI KEDATON



Setelah berziarah ke makam Sunan Giri dan Sunan Prapen, saya tergelitik untuk melihat dari dekat situs Giri Kedaton di Dusun Kedaton, Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kota Gresik. Penasaran, rasanya, seperti apa wujud peninggalan sejarah itu saat ini. Apalagi, jaraknya tak jauh, hanya sekitar 1 kilometer, dari bukit tempat dimakamkannya Sunan Giri dan Sunan Prapen. 

Thursday, 3 December 2015

MERASAKAN KEHENINGAN MAKAM SUNAN PRAPEN



Dulu setiap kali berziarah ke makam Sunan Giri di Gresik, saya selalu batal menyempatkan diri berziarah juga ke makam Sunan Prapen. Sepertinya, umumnya para peziarah Sunan Giri juga tak mengagendakan kunjungan ke makam Sunan Prapen. Mungkin, itu karena Sunan Prapen tak masuk dalam daftar Wali Songo. Padahal, letak makam Sunan Prapen hanya beberapa meter dari makam Sunan Giri. Nah, ketika kembali berziarah ke makam Sunan Giri belum lama ini, saya pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan. Kali ini saya harus melihat dengan mata kepala sendiri makam yang selama ini hanya saya dengar namanya itu.