Wednesday, 29 July 2015

MEMBIDIK RAY OF LIGHT DI GUA SUCI TUBAN



Salah besar jika Anda mengira Gua Suci adalah gua yang dianggap suci. Situs bersejarah peninggalan masa keemasan Majapahit ini dinamai Gua Suci hanya karena berlokasi di Dusun Suci, Kelurahan Wangun, Kecamatan Palang, Tuban. Namun, jangan pula beranggapan gua ini biasa-biasa saja. Menurut saya, gua ini istimewa. Di antaranya, warna dinding gua, pahatan-pahatan kuno, serta ray of light dari celah atap dan mulut gua sukses memukau mata saya.

Sunday, 26 July 2015

KAYANGAN API, API “ABADI” SEJAK ZAMAN MAJAPAHIT




Believe it or not. Di Kabupaten Bojonegoro, terdapat fenomena geologi alam berupa api yang tak kunjung padam sejak zaman Majapahit. Namanya Kayangan Api dan kini menjadi salah satu destinasi wisata ikon Kabupaten Bojonegoro. Objek unik yang berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, ini makin populer sejak digunakan sebagai lokasi pengambilan api Pekan Olahraga Nasional (PON) XV pada tahun 2000. 

Tuesday, 14 July 2015

MENENGOK AIR TERJUN KEDUNG GUPIT




Berkali-kali merencanakan kunjungan ke Air Terjun Kedung Gupit, berkali-kali pula batal. Giliran tanpa rencana, justru saya berkesempatan mengunjungi objek alam di Bojonegoro ini. April lalu, saya dan tim berkunjung ke SMPN 2 Gondang untuk sebuah keperluan. Selepas acara itu, kami tanpa pikir panjang mencuri waktu ke sana. Meski salah kostum karena pakai baju kerja, hunting dadakan ini tetap berkesan.

Tuesday, 7 July 2015

BERZIARAH KE MAKAM SEPANJANG 9 METER



Berapa panjang makam yang pernah Anda lihat? Mungkin paling panjang seukuran tinggi rata-rata manusia ya. Nah, Sabtu 4 Juli lalu saya sengaja berziarah ke kompleks makam dengan sejumlah makam panjang. Tak tanggung-tanggung, panjangnya mencapai 9 meter! Kompleks makam yang telah diresmikan sebagai situs bersejarah dan cagar budaya ini terletak di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Nama resminya adalah Makam Siti Fatimah Binti Maimun, dikenal juga dengan nama Makam Panjang.