BERAGAM WARNA CERITA DI TAHUN PERTAMA

21:13:00



September 2014 adalah bulan bersejarah untuk alamasedy.blogspot.com. Pada tanggal 6 di bulan itu, saya mulai menulis pengalaman dan kesan saya setelah traveling di blog saya ini.  Sejak saat itulah, rasanya saya tak ingin berhenti menuangkan kisah saya setiap pekan di media ini, hingga tanpa terasa tahun 2015 ini siklus bulan kembali ke September. Iya, itu artinya blog ini telah berusia satu tahun! Alhamdulillah. Hehe.

Dari perjalanan yang benar-benar traveling sampai tugas dinas berbuah jalan-jalan, hingga kini telah terdokumentasi 43 artikel dengan berbagai destinasi. Saya tahu itu bukan jumlah yang banyak jika dibanding travel blogger yang lebih produktif. Namun, saya merasa puas telah berhasil mencuri-curi waktu di sela-sela kesibukan untuk menulis dan menyuguhkan artikel-artikel sederhana ini. Jujur saja, saya sesekali memandangi list arsip blog. Bahkan saya juga kadang membaca lagi artikel lama untuk mengenang kembali perjalanan saya saat itu. 

alamasedy dengan logo pertama

Apalagi, traveling bukanlah kegiatan yang bisa saya lakukan sesuka hati. Waktu dan budget harus saya atur untuk memastikan hobi ini tak mengganggu stabilitas politik dan ekonomi “dalam negeri”. Hehehe. Karena harus posting artikel setiap pekan, saya tak ingin stok artikel saya cepat habis. Itulah sebabnya, sekali traveling bisa menjadi beberapa post, sesuai jumlah destinasi atau hal menarik yang saya temui di sana. 


Artikel pertama yang di-publish ulang travelmatekamu.com
Jika boleh disebut pencapaian, alhamdulillah blog ini telah melewati ekspektasi pribadi. Tak saya sangka, sejumlah kesempatan mengantarkan tulisan saya ke media lain yang sejalan dengan misi saya, yaitu berbagi pengalaman dan informasi seputar destinasi yang pernah saya kunjungi. Awalnya, seseorang dari tim redaksi website traveling di Jogjakarta, Nova Aristianto, menawarkan publish ulang artikel saya di travelmatekamu.com. Sebagai blogger pemula, saat itu saya sangat antusias dan bangga. 

Kesempatan berikutnya datang dari travel.detik.com. Setelah bergabung sebagai d’traveler di travel.detik.com, artikel-artikel dari blog ini pun juga di-publish ulang di sana. Saya pun sempat terpilih sebagai d’traveler of the day. Hehehe. Karena travel.detik.com rajin menge-share artikel di media sosial, sejumlah teman lama saya yang kebetulan baca akhirnya tahu bahwa saat ini saya punya blog. Entahlah, ada perasaan senang karena merasa tak sia-sia menyempatkan diri menulis dan mempublikasikan artikel-artikel itu. 


Salah satu artikel saya di travel.detik.com
Saat terpilih sebagai d'traveler of the day

Salah satu kesempatan yang membuat BBM saya dipenuhi ucapan selamat adalah saat salah satu artikel saya dimuat di Jawa Pos, baik versi cetak maupun online. Bukan hanya senang karena tulisan saya dinilai layak tayang di koran nasional asal Surabaya itu, tapi juga bisa terhubung kembali dengan sejumlah teman lama yang telah bertahun-tahun tak berkomunikasi dan berujung rencana traveling bareng. Alhamdulillah, beberapa rencana itu pun menjadi kenyataan.


Artikel saya di jawapos.com
Saya sadar bahwa saya tak bisa maju jika berjalan sendiri. Saya perlu komunitas. Maret 2015, saya memberanikan diri mendaftar sebagai member Travel Bloggers Indonesia (TBI). Alhamdulillah, April 2015, saya dinyatakan resmi diterima bergabung dengan salah satu komunitas travel blogger tereksis di Indonesia ini. Dari para senior di TBI, saya belajar banyak hal seputar traveling dan blogging. Komunitas dengan anggota para travel blogger beragam background profesi ini menjadi tempat yang nyaman bagi saya menyerap ilmu dan pengalaman senior.

Dan, Agustus 2015, ada kabar baik yang lumayan membuat saya excited. Blog ini ternyata berada di urutan ke-128 travel blog di Indonesia versi Alexa Rank. Memang urutan ini masih sangat jauh dari yang terbaik. Namun, kapasitas saya sebagai pemula dan usia blog yang baru lahir kemarin sore cukup membuat saya girang. Nama blog saya tertera di sana saja sudah membuat saya bangga luar biasa. Sekali lagi, saya merasa ada perasaan senang karena tak sia-sia menyempatkan diri menulis dan mempublikasikan artikel-artikel itu. 

 
alamasedy di daftar travel blog Indonesia versi Alexa Rank

Salah satu item di dashboard blog yang sering saya cek adalah pengunjung yang kini jumlah totalnya mencapai 19.606 viewers dari berbagai negara di dunia. Bagi travel blogger yang sudah lebih dulu aktif, pastilah ini jumlah yang tak seberapa. Namun, saya sungguh merasa tersanjung jika ada yang berkenan meluangkan waktu untuk membaca artikel saya. Apalagi, niat saya berbagi disambut baik oleh mereka yang membutuhkan informasi melalui mesin pencari Google. 

Semua ini terwujud dengan dukungan penuh banyak teman. Terima kasih untuk mentor hebat saya, Leonard Anthony, yang tak bosan jadi teman diskusi banyak hal seputar traveling dan blogging. Terima kasih juga untuk Anda semua yang sering membaca dan ikut bantu share artikel saya.  Besar harapan saya di tahun keduanya nanti, alamasedy.blogspot.com makin berkembang. Karena itu, untuk Anda yang sedang membaca artikel ini, mohon bersedia memberikan masukan dan saran di kolom komentar. Terima kasih. Salam. (*)

You Might Also Like

6 comments

  1. ayoo, terus semangat ngeblognya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih, Kak Fahmi. Selalu semangat! Hehehe

      Delete
  2. Amazing life captured by your lens and type, finally you made it, gracias!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks a lot, Bro! Ayo, udah lama kita ga hunbar.

      Delete
  3. Bagaimana kalau ke Surabaya, hunting foto dengan tema cityscape, sekali-kali menambah khasanah kan gpp

    ReplyDelete

>