PANTAI PANDAWA YANG KIAN POPULER

22:39:00




Pantai Pandawa merupakan salah satu bukti keberhasilan Bali mengelola potensi alam menjadi objek wisata yang mengandung magnet besar untuk menarik wisatawan. Berawal dari sebuah pantai indah nan sulit dijangkau, dibangunlah jalan akses menuju pantai dengan cara membelah bukit kapur. Hasilnya, Pantai Pandawa kini menjadi salah satu destinasi yang populer. Namanya pun melambung, sejajar dengan pantai-pantai lain di Bali yang telah tenar lebih dulu seperti Kuta atau Dreamland.



Pantai Pandawa berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dahulu, pantai ini bernama Pantai Kutuh, sesuai dengan nama desa pantai ini berada. Saat itu, hanya warga sekitar atau pengunjung tertentu yang bisa menikmati pasir putih dan birunya air laut di pantai ini. Wisatawan yang datang saat itu kebanyakan adalah para peselancar. Bahkan, ada yang menyebutnya pantai tersembunyi karena lokasinya berada di balik bukit tinggi yang sulit dijangkau.

Patung Pandawa
Bukit yang dibelah untuk akses ke pantai
Melihat potensi wisata ini, Pemerintah Kabupaten Badung tak tinggal diam. Mereka membangun jalan yang membelah bukit menuju Pantai Kukuh sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer. Jalan berkelok itu penjadi daya tarik tersendiri sebelum pengunjung sampai di pantai. Selain itu, di sepanjang tebing menuju pantai, dibuatlah enam cekungan besar berisi patung tokoh-tokoh pewayangan, yaitu sebuah patung Dewi Kunti dan lima buah patung Pandawa; Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa. Karena itulah, pantai yang resmi dibuka secara komersial pada tahun 2013 ini pun dikenal dengan nama Pantai Pandawa.

Laut biru
Ombak tenang
Bagi pengunjung yang suka olahraga untuk menguji adrenalin, tersedia paralayang dengan lokasi take-off di Bukit Timbis, beberapa kilometer dari Pantai Pandawa. Bagi yang lebih suka olahraga air nan santai, bermain kano adalah pilihan yang tepat. Kontur pantai yang landai dan ombak yang tak terlalu besar menjadikan pantai ini relatif aman bagi pengunjung untuk bermain air di bibir pantai. Jika datang pada pagi hari, pengunjung pun bisa menyaksikan sunrise.  

Cocok untuk santai
Berjemur pun oke

Kalau ingin menambah wawasan, pengunjung juga bisa melihat dari dekat aktivitas petani rumput laut di salah satu sisi pantai. Memang, kawasan Pantai Pandawa dikenal cocok untuk budidaya rumput laut. Kabarnya, aktivitas nelayan ini telah dirintis sejak tahun 1980-an. 

Mau pijat? Ada!
Perahu petani rumput laut
Untuk urusan kuliner, tenang. Di Pantai Pandawa, terdapat banyak saung yang menyediakan beragam menu seperti seafood, bakso, gado-gado, atau nasi goreng. Namun, saya lebih tertarik menikmati jagung bakar. Sebab, siang itu hujan turun deras setelah sekitar 30 menit saya menikmati panorama Pantai Pandawa. (*)

You Might Also Like

6 comments

  1. Bali emang eksotis dan tiada duanya gan..jadi pengen ke sana..
    Monggo mampir di blogku gan
    http://wisatalokaleksotis.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, mas! Monggo ke pantai ini kalau ke Bali.

      Siap meluncur ke blog mas.

      Delete
  2. waaah, keren gitu gan pantainya
    pantai pandawa 5, hahaha


    resep agar agar coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Pantai Pandawa 5! Hehehe. Keren kalo cuaca cerah.

      Delete

>