Wednesday, 3 December 2014

SELECTA: BUNGA-BUNGA DI MANA-MANA



Sambil menyelam minum air. Inilah yang aku lakukan saat mengikuti sebuah workshop di Batu, Jawa Timur, 14-17 November 2014. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, aku mengunjungi objek wisata yang dekat dengan hotel lokasi workshop, yaitu Selecta dan Coban Talun. Di edisi kali ini, aku mengupas Selecta. Sedangkan Coban Talun akan jadi the next post.


Akuarium terbuka di pintu masuk
 
Kolam ikan dengan latar taman lumut
Selecta berada sekitar 8 km dari Kota Batu, butuh waktu tempuh kira-kira 30 menit. Objek wisata yang berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, ini merupakan tempat rekreasi legendaris. Kabarnya, Selecta dibangun pada tahun 1928 oleh seorang Belanda bernama Ruyter de Wildt, di lahan seluas 20 hektare. Area yang dikelilingi Gunung Arjuno, Welirang, dan Anjasmoro ini semula dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan bagi warga Belanda di Indonesia.
 
Hamparan taman bunga 1
Hamparan taman bunga 2
Hamparan taman bunga 3

Dengan tiket masuk Rp. 20.000, kita bisa menikmati banyak pemandangan indah. Salah satunya, hamparan taman beragam bunga yang dikelilingi pepohonan rindang. Ada bunga kana, hortensia, krisan, lily, dandelion, honje kecombrang, dan masih banyak yang lain. Aku tahu nama-nama bunga itu karena terdapat papan nama bunga lengkap dengan nama latinnya di sana. Hehehe. Tak heran, banyak pengunjung yang memanfaatkan taman-taman itu untuk berfoto. Kalau mau, lari-lari mirip adengan film India juga boleh. Hehehe.
 
Kolam renang dewasa
Wahana permainan air

Selain taman bunga, Selecta juga memiliki sejumlah kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Bahkan, untuk anak-anak, tersedia tiga kolam renang dengan berbagai variasi kedalaman dan water park-nya. Bukan hanya itu. Untuk memanjakan buah hati yang masih balita, terdapat playground yang lumayan lengkap. Memang, lokasi ini sangat tepat untuk keluarga atau anak-anak sekolah. Seharian pun, sepertinya, anak-anak akan betah bermain di empat ini.
 
Kolam renang anak
Waterpark

Apalagi, saat ini Selecta juga menyediakan paket outbond untuk berbagai usia. Bukan hanya berbagai wahana outbond seperti flying fox, Selecta juga menyediakan jasa instrukturnya. Saat aku di sana, tampak sekelompok siswa SMP tengah seru ber-outbond ria.
 
Taman tematik
Dengan suhu udara setiap  hari rata-rata 17 derajat celcius, bermain, berolahraga, atau sekadar menikmati suasana pegunungan bersama keluarga di Selecta sangatlah nyaman. Jika ingin tinggal lebih lama, kita bisa tinggal di villa atau hotel yang ada. Restoran, pemandian air panas, kios bunga dan sayur, serta gerai suvenir juga ada. Lengkap bukan? (*)

No comments:

Post a Comment